5 Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah

Kali ini wowangkernya akan menyorot Situs-Situs Warisan Dunia UNESCO yang masuk ke dalam “Terancam Musnah”. Nyatanya meskipun telah ditetapkan sebagai warisan dunia, tempat-tempat bersejarah dan indah ini justru tidak luput dari ancaman kehancuran. Rasanya sayang sekali pusaka-pusaka sejarah seperti ini hancur dimakan waktu tanpa ada perawatan.


1. My Son (Vietnam)

Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah
Sumber Gambar : wikipedia.org


Kalau Indonesia memiliki komplek Prambanan dan Trowulan yang penuh candi-candi bersejarah, maka Vietnam memiliki My Son. Serupa dengan kompleks candi seperti di Pagan di Myanmar, Ayutthaya di Thailand, atau Angkor Wat di Kamboja, My Son terdiri atas candi-candi Hindu yang dibangun antara abad ke-4 sampai ke-14 M oleh Kerajaan Champa.

My Son juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1999 lantaran nilai sejarahnya yang tidak ternilai. Tapi Sayang kompleks candi bersejarah sepanjang 2 km ini kini dalam keadaan terbengkalai dan tidak terawat.

 2. Minaret Jam (Afghanistan)

Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah
Sumber Gambar : youtube.com


Minaret ini adalah Situs Warisan Dunia pertama milik Afghanistan yang disahkan tahun 2002. Minaret setinggi 62 meter ini dibangun pada tahun 1190 dan dihiasi motif kaligrafi dari ayat-ayat suci Qur’an juga pola-pola geometris nan rumit. Desainnya meniru minaret Qutub Minar yang ada di Delhi, menara yang menandai peristiwa panjang penyebaran islam di luar Jazirah Arab.

tapi Sayang keadaan warisan sejarah ini kian terpuruk dikarenakan tidak ada perhatian dari pemerintah. Lokasi yang terpencil menjadi alasan kenapa tempat sulit untuk dijadikan tempat sebagai tempat pariwisata, bahkan menurut laporan terbaru minaret ini dalam keadaan nyaris ambruk.

3. Palmyra (Suriah)

Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah
Sumber Gambar : voaindonesia.com


Kerajaan Palmyra yang berdiri sejak abad ke-2 SM ini mencapai puncak kejayaan di disaat perdagangan di Trayek Sutra tumbuh subur. Kota ini makmur lantaran banyak disinggahi para pedagang yang mengambil karavan berisi sutra, perhiasan, serta rempah-rempah yang dibawa dari Asia menuju Eropa.

Saat Ini biarpun tinggal reruntuhannya saja, pilar-pilar bangunan bergaya Romawi di Palmyra tetap saja memukau mata. Sayang keindahan kota kuno ini barangkali tinggal kenangan sesudah kekayaan sejarahnya dirampas anggota ISIS untuk dijual.

4. Kota Tua Sana’a (Yaman)

Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah
Sumber Gambar : internasional.kompas.com


Kota ini seperti terlihat kota dari negeri dongeng. Bangunannya terbuat dari batubata merah seperti roti jahe dengan dekorasi bergaya geometri yang indah. Rumah mirip apartemen ini, didiri dari 103 tempat ibadah dan 14 hammas (pemandian ala Turki) dibangun lebih dari satu milenium yang lalu dan sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986.

Tapi disayangkan, rumah-rumah tua ini menuntut banyak anggaran untuk perawatannya, sehingga memaksa para penghuninya pindah. Tidak heran jika sebagian besar bangunannya terbengkalai dan jadi kawasan yang kumuh yang makin menutupi keindahan. Perihal ini juga diperparah dengan perang saudara yang berlangsung di Yaman.

 5. Belize Barrier Reef (Belize)

Keajaiban Dunia Yang Terancam Musnah
Sumber Gambar : flickr.com


Salah bila menyangka “barrier reef” cuma ada di Australia saja. Amerika Tengah juga memilikinya dengan panjang mencapai 300 kilometer. Kurang Lebih 40 kilometernya termasuk ke dalam Belize Barrier Reef yang dianggap paling indah.

Batu-batu karang ini memainkan peranan utama dalam industri pariwisata Belize. Akan tetapi polusi yang diperparah dengan pengaruh global warming membuat kekayaan laut ini terancam punah. Diperkirakan 40% dari terumbu karang ini sudah lenyap sejak 1998.