5 Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera

Manusia hingga sekarang ini masih terus mempelajari bumi ini, termasuk semua jenis makhluk penghuninya. Beberapa identifikasi makhluk, lebih tepatnya hewan, ternyata mengundang kontroversial soal kebenarannya. Karena kurangnya bukti akan keberadaan hewan ini menjadikan kontroversial.

Kebanyakan temuan yang dikaji, lebih banyak berasal dari saksi mata. Kalaupun ada foto atau rekaman, seringkali hasilnya buram. Itu sebabnya para ilmuwan tidak jarang meragukan eksistensi hewan-hewan tersebut.

Kendati demikian, ada beberapa bukti yang membuat orang masih ada yang percaya keberadaan makhluk seperti ini, misalnya Okapi kuda aneh Afrika kakinya mirip zebra, hewan yang dulu dianggap mitos tapi sekarang benar-benar ada dan masih banyak lagi.

Nah, berikut adalah rangkuman 5 Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera :

1. Yeti

Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera
Sumber Gambar : youtube.com


Sudah ada ribuan saksi mata yang melihat makhluk mirip gorila dengan bulu tertutup salju berkeliaran di wilayah Himalaya, Nepal. Sejak abad 19, keberadaan Yeti telah diketahui para pendaki gunung Everest. Ia dianggap iblis atau manusia liar. Tapak kakinya sangat besar, seukuran kapak para pendaki.

Meskipun memiliki saksi mata yang tidak sedikit, namun primata raksasa ini tidak pernah terlihat jejaknya. Tidak diketahui pula sarangnya, atau bukti-bukti biologis lain. Itu sebabnya ilmuwan menduga makhluk ini hanya mitos.

Kendati demikain, Yeti pernah terekam kamera beberapa kali. Yang membuat orang yang yakin pun semakin semangat membuktikan keberadaannya. terlebih mereka beralasan kawasan Himalaya masih dipenuhi tundra, sangat mungkin Yeti bersembunyi di sana.

2. Kucing Bodmin Moor

Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera
Sumber Gambar : merdeka.com


Pada tahun 1995, orang di Kota Cornwall, Inggris heboh karena ada rekaman video amatir hewan aneh di padang Bodmin Moor. ditengah rerumputan, kucing besar berkulit hitam menyerupai panther berjalan-jalan. Masyarakat juga menamainya 'makhluk buas dari Bodmin Moor'.

Video itu cepat memicu pencarian besar-besaran oleh penduduk kota bahkan turis luar kota. Pemda Cornwall serta ikut mencari, namun akhirnya nihil. Muncul dugaan kucing besar itu merupakan hewan lepas dari kebun binatang.

Para ahli mengatakan di Inggris mustahil ada keluarga harimau masih hidup di alam bebas. Hingga sekarang ini, masih ada orang yang meluangkan waktu mencari bukti-bukti keberadaan kucing hitam ini. Tapi Sayang, jejak kakipun tak pernah ketemu.

3. Bigfoot

Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera
Sumber Gambar : wikipedia.org


Sering disebut saudara jauh Yeti. Ciri-ciri kedua mahluk itu mirip. Bagaikan gorila, berdiri tegak, ukuran besar, meninggalkan jejak kaki raksasa. Bedanya, Bigfoot lebih banyak dilihat manusia di kawasan Barat Daya Amerika Serikat dan Kanada. Saksi mata mulai melaporkan keberadaan makhluk ini sejak abad 19.

Seiring kemajuan tehnologi, penduduk yang tinggal pelesir pegunungan di kawasan itu mulai merekam bukti-bukti Bigfoot baik melalui photo ataupun video. Namun seperti makhluk yang lainnya, tidak pernah ditemukan bukti-bukti Bigfoot benar-benar ada. Baik itu sarang, sisa kotoran, sampai tulang belulang.

Hingga sekarang ini, makhluk misterius ini merupakan makhluk paling kontroversial. Ilmuwan menilai mungkin saja Bigfoot ada, tetapi itu hanyalah primata besar yang dianggap berdiri tegak. Ada juga pakar yang yakin Bigfoot hanya mitos.

4. Naga Air Selandia Baru

Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera
Sumber Gambar : Daily Mail


Seekor makhluk misterius dengan ukuran raksasa muncul di Teluk Oke, Di Kelupauan Bay, Selandia Baru. Ukuran makhluk itu lebih besar dibanding ikan hiu dan gerakannya lebih cepat daripada ikan paus. Seorang teknisi bernama Pita Witehira melihat makhluk itu lewat foto satelit Google Earth.

Makhluk itu nampak seperti mendekati permukaan air dan dari atas wujudnya memanjang, jejak air yang dihasilkannya lumayan terlihat jelas. Witehira melihat penampakan makhluk itu disaat sedang mencari rumah disekitar tempat berliburnya. Panjang makhluk itu kira-kira 12 meter. Yang jelas bukan paus dan terlalu besar kalau disebut hiu.

5. Loch Ness

Makhluk Misterius Yang Pernah Ditangkap Kamera
Sumber Gambar : telegraph.co.uk


Ini merupakan rajanya makhluk misterius sejak awal abad ke 20. Saksi mata sudah ada ratusan. Poto dan video sudah banyak dipublikasikan. Monster Loch Ness adalah salah satu mitos yang sekarang ini masih jadi perdebatan. Bagi mereka yang yakin, di danau itu selama berabad-abad ada seekor hewan raksasa dinosaurus air ( Plesiosaurus ) yang sudah punah, dan dipanggil Nessie.
Tetapi bagi sebagian lagi, cerita-cerita itu cuma omong kosong. Penampakan Nessie pertama kali tercatat pada 565 Masehi. Sampai sekarang ini, ribuan pengunjung danau berkedalaman 230 meter itu mengaku sempat melihat monster yang mirip.