5 Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang

Meski ilmu pengetahuan, teknologi, dan bermacam macam penelitian terus berkembang, nyatanya ada banyak sekali misteri didunia yg tak dapat dipecahkan begitu saja. Walau kita mengharapkan penjelasan yang logis akan peristiwa misterius tersebut, tidak sedikit yang hingga kini tetap jadi spekulasi saja. 


1. Doppelganger

Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang
Sumber Gambar : people.com


Tidak Jarang sekali muncul sebagai karya fiksi dan tak dapat dipungkiri beberapa memang mempunyai kisah yang menarik. Meski demikian, nyatanya kisah Doppelganger tak cuma ada di dalam karya fiksi tapi juga disebut-sebut terjadi secara nyata terhadap sekian banyak tokoh histori seperti Johann Wolfgang, Catherine the Great, Queen Elizabeth I, Abraham Lincoln, dan banyak lainnya. 

Contohnya Abraham Lincoln sedang duduk di kursinya dan ketika beliau melihat ke cermin, beliau terperanjat melihat ia di cermin mempunyai 2 wajah dengan bayangan yang pucat. Ternyata doppelganger tersebut menandakan bahwa ia bakal terpilih kembali jadi Presiden US tapi tidak akan hidup lama setelah itu dan perihal itu memang terbukti benar adanya. 

Doppelganger sendiri diakui sebagai satu buah sosok "kembaran kita" yang dikatakan merupakan pertanda tidak baik, terlebih kalau orang aslinya berjumpa dengan si Doppelganger. tak ada yang tahu hingga batas mana keoriginalan dari cerita-cerita Doppelganger tetapi mereka adalah salah satu Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang. Uniknya yaitu kalau dilihat lagi, kisah-kisah terkenal akan Doppelganger cuma terjadi di era klasik dan semakin jarang sekarang ini. 

2. Stonehenge

Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang
Sumber : wikimedia.org


Adalah formasi batu raksasa yang berlokasikan di Salisbury, England, UK dan ini merupakan salah satu misteri dunia yang masih belum terungkap yang terus menarik perhatian turis dari bermacam macam belahan dunia. Ada beraneka argumen kenapa monumen batu ini demikian misterius, di antaranya ialah tentang bagaimana ia dibuat dan khususnya lagi buat apa? 

Bagaimana tidak? Batu untuk membangun Stonehenge mempunyai berat sampai 4 ton dan lebih mengagumkannya lagi batu-batu yang menyusunnya berasal dari beraneka ragam tempat disebelah barat Wales, yang dimana memiliki jarak lebih kurang 225 kilo meter dari tempat Stonehenge sendiri. Sebagai gambaran jarak Jakarta ke Bandung saja cuma lebih kurang 150 kilo meter. Terlebih mengetahui Stonehenge yang kita kenal kini sudah ada sejak 4.000-5.000 tahun yang lalu, jadi bagaimanakah caranya dengan peralatan yang sangat terbatas di zaman itu mereka membangun formasi batu raksasa ini? 

Terlepas dari pertanyaan bagaimanakah Stonehenge dibangun, yang lebih misterius adalah untuk apa monumen batu ini dibuat. Sejak awal kemunculannya, tidak ada yang tahu secara pasti buat apa Stonehenge dibangun dan beragam spekulasi terus mengitari tujuan tersebut. Dimulai dari argumen yang paling logis untuk altar suci, pemakaman, kalendar zaman dahulu, sampai mitos-mitos seperti lokasi kemunculan alien dan sebagainya. Apapun itu sampai sekarang ini tak ada yang dapat membuktikan secara jelas tujuan mutlak dari Stonehenge itu untuk apa? 

3. Kepunahan Massal

Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang
Sumber Gambar : Telegraph


Kepunahan tetap berlangsung sampai waktu ini. Terkadang penyebabnya itu sangatlah jelas dimulai sebab pemburuan massal, turnamen antarspesies, sampai perubahan atmosfer. Tetapi terkadang juga penyebabnya tak jelas, seperti misalnya adalah efek meteor atau letusan gunung berapi yang dikatakan merupakan penyebab kepunahan dinosaurus. Pertanyaannya adalah kenapa beberapa spesies ada yang punah sampai ke akar-akarnya tetapi beberapa juga dapat bertahan hidup, bahkan sampai saat ini ini seperti ikan purba Coelacanth misalnya. 

selama periode kepunahan dinosaurus, apa yang kita sebut sebagai buaya atau kura-kura sudah ada pada zaman tersebut. Tetapi secara misterius mereka masih mampu bertahan hidup sampai saat ini sedangkan dinosaurus yang merupakan predator terkuat pada zaman itu malah tak dapat bertahan hidup. Bermacam Macam peneliti telah mencoba menjelaskan teori di balik perihal ini tetapi beberapa lainnya masih tak yakin dan beranggapan ini merupakan salah satu misteri dunia yang masih belum terungkap. 

4. WOW! Signal

Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang
Sumber Gambar : wikimedia.org


Pada 15 Agustus 1977, Dr. Jerry R. Ehman selaku peneliti sukarelawan di Universitas Ohio mendapatkan sebuah sinyal radio yang saat ini ini kita kenal dengan nama "Wow! Signal." Sinyal itu dia temukan waktu sedang mengerjakan projectnya yang bernama SETI yakni project untuk penelitian kehidupan ekstraterrestrial. Pada zaman tersebut, berita sinyal seperti itu dikirimkan ke computer mainframe IBM, dicetak pada sebuah kertas khusus, dan diperiksa dengan cara manual. 

Ketika dirinya sedang mengecek kode yang diterimanya, Ehman mendapati satu buah kode berurutan yang berkatakan "6EQUJ5." Beliau selanjutnya membawa satu buah pena dan mengartikan kode tersebut dan mendapatkan kata "Wow!" Singkat cerita setelah diteliti, diketahui sumber sinyal tersebut berasal dari bintang dekat konstellasi Sagittarius alias memang bukan dari bumi kita ini. 

Uniknya di 17 Agustus 2012, satu buah proyek dari National Geographic dan Arecibo Observatory, mengirimkan balik data digital ke sumber yang diakui sebagai sumber yang mengirimkan Sinyal Wow! tersebut. Data digital yang dikirim yaitu pesan-pesan Twitter terbuka (publik) dengan hashtag #ChasingUFO, beserta bersama berbagai video selebritis. Apakah data tersebut di terima oleh "lawan bicara", entahlah? 

5. Sekoci Bouvet Island

Misteri Yang Belum Terungkap Sampai Sekarang
Sumber Gambar : wikimedia.org


Terletak di kedalaman Atlantik Selatan ada sebuah pulau Bouvet. Dideskripsikan sebagai lokasi paling terisolasi didunia, tak ada satu orangpun yang tinggal di pulau itu dan serta tidak ada satupun tumbuhan yang mampu hidup di sana, jadi kemungkinannya sangatlah kecil akan ada orang yang ingin kesana. Misteri dimulai diwaktu ekspedisi dari Inggris tiba di sana pada tahun 1964, mereka menemukan satu buah kapal sekoci yang terbengkalai begitu saja di pulau tersebut. 

Tak jauh dari kapal tersebut ada fasilitas kayuh, kayu, drum, dan satu buah tangki tembaga. Anehnya adalah kapal sekoci tetap dalam keadaan yang sangat baik tetapi sama sekali tak ada jejak penumpang di kapal itu. Kapal sekoci tersebut juga tak memiliki tanda yang bisa menunjukkan berasal dari perusahaan mana atau negara mana kapal tersebut.

Yang lebih misterius lagi ialah 2 tahun setelah itu waktu ekspedisi lain dikirim, kapal sekoci itu sudah hilang. Seluruh barang di sekitarnya juga sudah hilang dan sampai sekarang ini tak ada yang tahu bagaimanakah caranya kapal tersebut bisa ada di sana, apa yang terjadi ke orang-orang yang menaikinya, dan untuk apa kapal tersebut ada di sana.