5 Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang

Dinosaurus tak diragukan lagi merupakan salah satu hewan paling ganas dan mengesankan yang pernah hidup di planet bumi ini. Umumnya orang yakin bila hewan purbakala yang besar ini adalah pemakan daging, mengerikan dan ganas seperti yang ada di film terkenal Jurassic Park.

Namun, masih banyak sekali ketidaksamaan yang terjadi antara film dan fakta, yang pada akhirnya jadi sebuah mitos yang sampai sekarang banyak dipercaya orang. Misalnya adalah Dinosaurus bisa terbang (pterodactyl).

Faktanya tidak ada dinosaurus yang bisa terbang. Pterodactyl bukanlah dinosaurus, mereka adalah hewan bersayap yang sebenarnya adalah reptil. Dan untuk merubah kepercayaan tersebut mengenai dinosaurus, di sini ada beberapa mitos mengenai reptil purbakala.


1. Dinosaurus bisa dikloning

Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang
Sumber Gambar : news.viva.co.id


Walaupun dalam dunia Jurassic Park manusia sanggup melakukan banyak manipulasi seperti mengkloning dinosaurus, tapi kenyataannya DNA dinosaurus sangatlah rapuh dan tidak bisa menyimpan data untuk menciptakan dinosaurus hidup kembali seperti dalam film.

2. Arkeolog mempelajari dinosaurus

Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang
Sumber Gambar : voaindonesia.com


Tidak Sedikit orang masih percaya kalau ilmu arkeologi itu mempelajari dinosaurus, tapi pada kenyataannya tidak. Para professional arkeolog yaitu orang yang mempelajari manusia dan terkadang hewan dan hubungannya dengan manusia di masa lalu.

Ilmu yang ada hubungannya dengan dinosaurus yaitu Paleontolog dan ilmu fosil yang mana termasuk juga mempelajari dinosaurus. Berarti seandainya mau menjadi seperti Dr. Alan Grant harus menjadi Paleontolog ya.

3. Dinosaurus bisa terbang

Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang
Sumber Gambar : kaskus.co.id


Ini adalah satu mitos yang seringkali kita dengar mengenai dinosaurus. Percaya atau tidak, tidak ada dinosaurus yang dapat terbang. Orang menyebut pterodactyl adalah dinosaurus terbang, tapi faktanya mereka bukanlah dinosaurus! Mereka adalah hewan reftil yang bersayap.

4. Semua dinosaurus hidup dalam satu zaman

Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang
Sumber Gambar : liputan6.com


Biasanya kebanyakan orang yakin bila semua dinosaurus itu hidup dalam satu masa bersama-sama, tetapi hai ini salah besar! Para dinosaurus mempunyai zamannya masing-masing dimana memiliki habitat dan spesies yang berbeda satu sama lain.

Jadi tidak akan ada sejarahnya yang namanya T-Rex makan raptor seperti dalam film, dikarenakan zaman mereka sebenarnya berbeda. Fakta mengejutkan lain, ternyata Tyrannosaurus Rex (T-Rex) hidup lebih dekat dengan kita (manusia) dibandingkan Stegosaurus.

5. Dinosaurus adalah kadal

Mitos Dinosaurus Yang Dipercaya Sampai Sekarang
Sumber Gambar : kaskus.co.id


Ini juga mitos yang banyak dipercaya mengenai dinosaurus. Faktanya, dinosaurus itu bukan kadal. “Terrible Lizard” atau kadal mengerikan merupakan istilah yang sering merepresentasikan hewan purbakala ini. Tetapi sejak kita tahu yang sebenarnya bahwa dinosaurus itu bukan kadal, harusnya kata “Terrible lizard” pun menjadi tak berguna lagi.