5 Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam

mitos merupakan cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran mengenai alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya yang dianggap benar-benar terjadi oleh penganutnya.

Mitos juga bisa timbul akibat catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai penjelasan tentang ritual. Lalu diceritakan ulang untuk menyampaikan pengalaman religius yang bertujuan membentuk sifat-sifat tertentu yang jadi bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Dalam perkembangannya, kadang-kadang ada beberapa jenis hewan yang dikaitkan sebagai pembawa mitos mengerikan. umumnya hewan pembawa mitos ini memiliki warna hitam. Tidak hanya di Indonesia saja, karena mitos mengerikan mengenai hewan berwarna hitam ini bersumber dari seluruh penjuru dunia.


1. Burung Gagak Hitam

Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam
Sumber Gambar : vijestinews.blogspot.com


Menurut mitologi, burung Gagak sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang tidak baik, dan menurut leluhur jawa burung gagak adalah simbolis misterius. Pasalnya, burung Gagak dianggap sebuah pertanda akan ada kesulitan yang akan muncul.

Konon, kedatangan gagak hitam bisa juga diartikan sebagai sang penjemput ajal. Kalau burung gagak berputar-putar diatas rumah, dipercaya akan ada penghuni rumah yang segera meninggal. Selain itu, ada juga kepercayaan yang mengaitkan bahwa sate Gagak merupakan sarana untuk memanggil Gendruwo.

2. Kucing Hitam

Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam
Sumber Gambar : nyunyu.com


kucing hitam diidentikkan dengan nasib sial. Banyak orang yakin bahwa bertemu kucing hitam di jalan, mereka akan mengalami kesialan. Sepertinya kepercayaan ini sangat dipercaya oleh penduduk Eropa. Meskipun demikian, tidak semua kebudayaan beranggapan kucing hitam pembawa sial. Misalnya di Inggris, konon bila memberikan kucing hitam pada mempelai wanita justru diakui dapat memberikan nasib baik.

Tapi mitos yang beredar di Indonesia mengemukakan bahwa, kalau ada kucing hitam yang melangkahi mayat, maka mayat tersebut bakal segera bangkit dari kematian. Parahnya lagi, mayat yang terbangun tadi akan segera mencekik leher siapa saja yang ada di dekatnya.

3. Ayam Hitam

Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam
Sumber Gambar : youtube.com


Ayam hitam (Ayam Cemani) selalu dikaitkan dengan kekuatan mistis. Konon, ayam jenis ini menyimpan kekuatan mistis yang kebenarannya masih diragukan tapi sampai detik ini masih dipercayai oleh sebagian orang khusus di indonesia. Sering kita mendengar ayam cemani sering dijadikan tumbal dalam ritual tertentu seperti ruwatan, pelaris, pengobatan, tumbal bangunan serta ritual yang lain.

4. Anjing Hitam

Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam
Sumber Gambar : 5berita.com


Mitos umum tentang hewan ini adalah mampu mendeteksi keberadaan mahluk gaib yang ada di sekitarnya.  di Amerika Serikat, sosok anjing hitam merupakan legenda yang mengerikan. Konon, sosok anjing hitam ini pernah terlihat bergentayangan di wilayah Hanging Hill, Connecticut. walau sosok makhluk misterius tersebut berupa anjing, akan tetapi dia bisa berubah ke berbagai bentuk.

5. Laba-Laba Hitam

Mitos Mengerikan Tentang Hewan Berwarna Hitam
Sumber Gambar : infodunia07.blogspot.com


Menurut mitos, laba-laba dulunya merupakan seorang gadis muda bernama Arachne di zamannya yunani dulu. karena sombong, dia menantang dewi Athena, yang akhirnya Arachne kalah. Dikarenakan malu, ia memutuskan untuk bunuh diri, karena Dewi Athena iba, ia menghidupkan kembali Arachne, tetapi tidak dalam bentuk manusia, melainkan bentuk hewan laba-laba.

Sebagian masyarakat eropa percaya bila bertemu laba-laba di pagi hari, itu tanda akan ada dukacita dan keprihatinan. Sebaliknya, bila melihatnya pada tengah malam akan membawa kebahagiaan. Sedangkan bila melihatnya di siang hari, itu tandanya mereka akan dapat hadiah.