5 Mitos Yang Dilarang Saat Hamil

Indonesia itu memiliki banyak mitos, dan salah satunya adalah mengenai ibu hamil yang sedang mengandung anak dari suaminya. Percaya atau tidak, mitos mengenai ibu hamil ini masih cukup kuat memengaruhi mindset kebanyakan ibu hamil.

Katanya kalau ibu hamil tidak melaksanakan hal seperti di dalam mitos tersebut, proses kehamilannya akan terganggu dan membahayakan bayinya. Kalau risikonya seperti begitu, ya jelas saja para ibu hamil menurut sama mitos.

Padahal tidak sedikit mitos itu tidak terbukti secara medis, hanya berpatokan pada kepercayaan masyarakat terdahulu. Nah, berikut ini adalah ada beberapa Mitos Yang Dilarang Saat Hamil yang banyak dipercaya dan menjadi kontroversi di masyarakat.

1. Tidak Boleh Makan Makanan Yang Amis

Mitos Yang Dilarang Saat Hamil
Sumber Gambar : republika.co.id


Ini mitos yang cukup populer dikalangan  ibu hamil. Memakan makanan yang amis dianggap bisa menyebabkan darah waktu melahirkan dan aroma ASI menjadi amis. Padahal bau darah memang amis atau anyir dan ini tidak ada kaitannya dengan mengkonsumsi makanan amis.

ASI juga tetap terjaga kualitasnya walau makan ikan. Justru dengan banyak makan ikan, kandungan gizi dalam ASI menjadi kaya akan protein, asam folat, omega, vitamin dan mineral yang berguna bagi perkembangan si jabang bayi.


Yang harus dihindari adalah ikan kemasan dan ikan asin. Perlu diperhatikan lagi kalau ibu hamilnya alergi sama ikan dan menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), sebab beberapa ikan mempunyai kandungan garam yang tinggi.

2. Dilarang Duduk Di Depan Pintu

Mitos Yang Dilarang Saat Hamil
Sumber Gambar : fimela.com


Mitos ini  juga sering dipatuhi ibu hamil, khususnya kalau sudah mendekati waktu lahiran. Ibu hamil tidak boleh duduk di depan pintu saat keadaan terbuka. Konon, kalau dilanggar, proses persalinannya nanti akan sulit. Aneh, ya?

3. Dilarang Membunuh Hewan

Mitos Yang Dilarang Saat Hamil
Sumber Gambar : facebook.com


Disaat sedang hamil, ibu hamil harus selalu menjaga dan dijaga emosinya. Tidak boleh sering marah sebab takut kondisi psikiloginya memengaruhi janin. Nah, ini mengenai dengan mitos pantang membunuh hewan, apalagi kalau karena merasa gemas, kesal, atau jijik. Katanya, nanti bayi yang dilahirkan akan miliki tanda atau karma dari hewan yang dibunuh.

4. Ngidam

Mitos Yang Dilarang Saat Hamil
Sumber Gambar : shutterstock


Anda tentu sering mendenger kata "ngidam" di kalangan ibu hamil. Entah saudara, teman atau tetangga. Ada ibu hamil yang ngidam mangga muda, rujak, atau makanan yang terasa asam untuk menghilangkan rasa mual.

Dikarenakan ngidam itulah ibu hamil menjadi menyantap apa saja yang mereka inginkan, takut nanti anaknya "ngileran". Sebenarnya itu normal pada usia-usia tertentu pada bayi diwaktu gigi mereka sedang tumbuh yang membuat kelenjar saliva (air liur/ludah) mengalir.

5. Wajib Bawa Gunting Dan Peniti

Mitos Yang Dilarang Saat Hamil
Sumber Gambar : fimela.com


Mitos ini masih kuat dipercaya oleh orang Jawa. Katanya, saat ada perempuan yang diketahui lagi hamil, maka orang tuanya segera meminta anaknya itu selalu membawa peniti atau gunting kecil. Ini disebut syarat agar tidak terjadi hal-hal negatif dengan janin di dalam kandungan.

Konon katanya, diwaktu hamil, tubuh ibu hamil menjadi harum dan disenangi oleh makhluk halus. Gunting dan peniti ini berguna sebagai penangkal supaya kandungan ibu hamil tidak diganggu makluk halus.